Let Find Out..

Sabtu, 20 Februari 2010

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

SEJARAH IMK

Kebutuhan manusia akan komunikasi semakin meningkat untuk itu Kemampuan teknologi komputer untuk mendukung kebutuhan komunikasi manusia sangat diperlukan, karena dengan komputer pekerjaan manusia bisa lebih di sederhanakan dan juga pengaplikasian dari program komputer dapat secara langsung di terapkan dalam kehidupan manusia itu sendiri.
.

Model IMK :
1. Pengguna
2. Interaksi
3. Sistem
Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.


  

Evolusi computer :

  • Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
  • komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
  • Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.

Hubungan IMK dengan bidang lain :
a. Psikologi
b. Grafik
c. Antropologi
d. Linguistik
e. Sosiologi
f. Ergonomik
g. Teknik elektronika dan ilmu komputer

Sistem komuputer di buat untuk membantu manusia.
1. Manusia (user)
Tahun 1983 ada sebuah model human prosesor yang terdiri dari 3 subsistem, yaitu :
a. Sistem Persepsi
Menangani sensor dari luar
b. Sistem mator
Mengontrol aksi dan respon
c. Sistem Kognitif
Memproses hubungan keduanya

Informasi pada manusia terdiri dari :
o diterima dan direspon melalui input output
o disimpan di memori
o diproses dan di aplikasikan

Memori manusia :
· Memori sensor :
Iconic untuk visual
Echoic untuk aural
Haptic untuk Peraba
· Short term memori
Daerah memori aktif, yang di anggap sebagai memori kerja.
Contoh : menghitung dan membaca
·  Long term memori
Episodic : mempresentasikan kejadian
Semantic : mempresentasikan stuktur dari fakta
2. Komputer
· Input / Output komputer
chaBatch : data berkelompok
Interaktif : satu per satu
· Text Entity Device
Keyboad
Handwriting recognize
Speech recognition
· Output Device
LCD
CRT
LED
· Paper
Printing, Scanner dan optical character recognition

 3. Interaksi
Tipe :
a. Comand Line interface
b. Menu
c. Natural Language
d. Query dialogue
e. Spreadsheet
f. WIMP (windows, icons, menu, pointers)

Evolusi Antarmuka bisa dijabarkan sebagai berikut :

  • Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)

  • Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)

• 1960-an J.C.R. Licklider (MIT) mengusulkan jaringan komputer
global dan pindah ke DARPA (Defense Advanced Projects Research
Agency) . Tahun 1969, ARPANET (Advanced Research Projects
Agency Network) mulai online menghubungkan 4 universitas.

•1970: penelit ian di Xerox’s Palo Alto Research Center memperkenalkan mouse,pointing dan selecting, dan GUI sebagai metode utama komunikasi manusia-komputer.an
Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi

• 1974 Bolt , Beranek, dan Newman merilis Telenet , versi komersil
pertama dari ARPANET

• 1974: Xerox mempatenkan mouse sepert i yang dikenal sekarang.
• Akhir 1970-an hingga 1980-an, dicetuskan TCP/ IP sebagai bahasa umum bagi komputer Internet


  • Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)

• 1981: Star (Xerox) double click, overlapping windows, 1024x768 monochrome
• 1982 dicetuskan ist ilah Internet
• 1983: Macintosh (Apple) dengan revolusi konsep antarmuka
 Menggunakan desktop metaphor:
            Files seperti kertas
Directories seperti folders
Drag and dropPengenalan GUI ..
• 1985: Windows 1.0 (Microsoft ) dan Amiga 100 (Commodore)
• 1987: Macintosh I I (Apple) Macintosh berwarna; sedangkan X Windowsemakin dikenal.Pengenalan GUI ..
• 1988: NeXTStep (NeXT) , mensimulasikan layar 3-dimensi
• 1989: beberapa GUI berbasis UNIX dirilis: Open Look (AT&T dan Sun) ,
            Mot if for the Open Software Foundat ion (DEC dan HP)

  • Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
• 1994 Netspace Navigator browser dirilis. W3C (WWW Consortium) dibentuk untuk      melakukan standarisasi Web.
• 1995 I nternet Explorer dan Opera dirilis. Pada tahun ini pula AOL, CompuServe, Prodigy, Yahoo dan Lycos dicetuskan.
• 1991: Gopher, antarmuka friendly pertama, dibangun di University
of Minnesota
• 1992 Delphi pertama kali menyediakan akses I nternet online secara
             komersil
• 1993 Mosaic diperkenalkan sebagai hypertext browser berbasis
            grafik pertama, yang dibuat oleh NCSA (Nat ional Center for
Supercomput ing Applicat ions) di University of I llinois.
Tahun 2000an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive  screen.
• Selama 1990-2000an: berbagai produk dan upgrade Microsoft dan Apple
• 2003 Apple merilis Safari versi 1.0
• 2004 Mozilla Firefox diperkenalkan
• Sampai sekarang telah banyak perubahan dan penemuan-penemuan baru yang telah      diciptakan guna untuk perkembangan teknologi.


Tidak ada komentar: