SEJARAH
IMK

.
Model IMK :
1. Pengguna
2. Interaksi
3. Sistem
Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian
dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu
mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.
Evolusi computer :
- Komputer
pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai
dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat
mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan
/ahli-ahli teknik.
- komputer
pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an,
Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan
mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan,
pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi
tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut
harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan
dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus
berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul
isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai
Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
- Para
peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi
kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai
ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi
manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an
diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi
Manusia-Komputer.
Hubungan IMK dengan bidang lain :
a. Psikologi
b. Grafik
c. Antropologi
d. Linguistik
e. Sosiologi
f. Ergonomik
g. Teknik elektronika dan ilmu
komputer
Sistem komuputer di buat untuk
membantu manusia.
1.
Manusia (user)
Tahun 1983 ada sebuah model human prosesor yang terdiri dari
3 subsistem, yaitu :
a. Sistem Persepsi
Menangani sensor dari luar
b. Sistem mator
Mengontrol aksi dan respon
c. Sistem Kognitif
Memproses hubungan keduanya
Informasi pada manusia terdiri dari :
o diterima dan direspon melalui
input output
o disimpan di memori
o diproses dan di aplikasikan
Memori manusia :
· Memori sensor :
Iconic untuk visual
Echoic untuk aural
Haptic untuk Peraba
· Short term memori
Daerah memori aktif, yang di anggap sebagai memori kerja.
Contoh : menghitung dan membaca
· Long term memori
Episodic : mempresentasikan kejadian
Semantic : mempresentasikan stuktur dari fakta
2.
Komputer
· Input / Output komputer
chaBatch
: data berkelompok
Interaktif : satu per satu
· Text Entity Device
Keyboad
Handwriting recognize
Speech recognition
· Output Device
LCD
CRT
LED
· Paper
Printing, Scanner dan optical character recognition
3. Interaksi
Tipe :
a. Comand Line interface
b. Menu
c. Natural Language
d. Query dialogue
e. Spreadsheet
f. WIMP (windows, icons, menu,
pointers)
Evolusi Antarmuka bisa dijabarkan sebagai berikut :
- Tahun 50an
– Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)
- Tahun
60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
• 1960-an J.C.R. Licklider (MIT) mengusulkan jaringan komputer
global dan pindah ke DARPA (Defense Advanced Projects Research
Agency) . Tahun 1969, ARPANET (Advanced Research Projects
Agency Network) mulai online menghubungkan 4
universitas.
•1970:
penelit ian di Xerox’s Palo Alto Research Center memperkenalkan mouse,pointing
dan selecting, dan GUI sebagai metode utama komunikasi
manusia-komputer.an
Tahun 70-90an –
Antarmuka pada level instruksi
• 1974 Bolt , Beranek, dan Newman merilis Telenet , versi komersil
pertama dari ARPANET
• 1974: Xerox mempatenkan mouse sepert i yang dikenal
sekarang.
• Akhir 1970-an hingga 1980-an, dicetuskan TCP/ IP sebagai bahasa
umum bagi komputer Internet
- Tahun 80an
– Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)
• 1981: Star (Xerox) double click, overlapping windows,
1024x768 monochrome
• 1982 dicetuskan ist ilah Internet
• 1983: Macintosh (Apple) dengan revolusi konsep antarmuka
Menggunakan desktop metaphor:
Files seperti kertas
Directories
seperti folders
Drag
and dropPengenalan GUI ..
• 1985: Windows 1.0 (Microsoft ) dan Amiga 100 (Commodore)
• 1987: Macintosh I I (Apple) Macintosh berwarna; sedangkan X
Windowsemakin
dikenal.Pengenalan GUI ..
• 1988: NeXTStep (NeXT) , mensimulasikan layar 3-dimensi
• 1989: beberapa GUI berbasis UNIX dirilis: Open Look (AT&T
dan Sun) ,
Mot if for the
Open Software Foundat ion (DEC dan HP)
- Tahun 90an
– Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
• 1994 Netspace Navigator browser dirilis. W3C (WWW Consortium)
dibentuk untuk melakukan
standarisasi Web.
• 1995 I nternet Explorer dan Opera dirilis. Pada tahun ini pula
AOL, CompuServe, Prodigy, Yahoo dan Lycos dicetuskan.
• 1991: Gopher, antarmuka friendly pertama, dibangun di University
of Minnesota
• 1992 Delphi pertama kali menyediakan akses I nternet online
secara
komersil
• 1993 Mosaic diperkenalkan sebagai hypertext browser berbasis
grafik pertama, yang dibuat oleh NCSA (Nat ional Center for
Supercomput ing Applicat ions)
di University of I llinois.
• Tahun 2000an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive screen.
• Selama 1990-2000an: berbagai produk dan upgrade Microsoft dan Apple
• 2003 Apple merilis Safari versi 1.0
• 2004 Mozilla Firefox diperkenalkan
• Sampai sekarang telah banyak perubahan dan penemuan-penemuan
baru yang telah diciptakan guna
untuk perkembangan teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar