Let Find Out..

Minggu, 07 Maret 2010

Kegunaan Prinsip

 
Prinsip-prinsip Desain UI

    • Learnability
Dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat

    • Fleksibilitas
Dukungan untuk beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas

    • Kekasaran
Dukungan untuk pemulihanSelalu berpikir tentang pengecualian, kesesuaian

 

Prinsip Learnability
  • Kemudahan pengguna baru dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal

    • Predictability Prediktabilitas
    • Synthesizability Synthesizability
    • Familiarity Keakraban
    • Generalizability Generalisasi
    • Consistency Konsistensi
Prediktabilitas
  • Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan ....
  • Dapat melihat tindakan sia-sia

    • eg menus vs. menu misalnya vs
      command shell
      perintah shell
    • grayed menu items item menu berwarna abu-abu

Synthesizability
  • Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu sistem yang sekarang negara

    • Memindahkan file di UNIX shell vs Mac/Windows Mac / Windows

    • Umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?
Keakraban
  • Apakah tugas UI mendayagunakan dunia nyata atau domain pengetahuan?

    • Benar-benar relevan dengan kesan pertama

    • Penggunaan metafora 
    • Perangkap tersembunyi

    • Apakah ada batasan pada keakraban?

Generalisasi
  • Dapat pengetahuan dari satu sistem / UI diperluas serupa lain?

    • Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda

    • Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari UI berlaku untuk beristirahat dari UI?

    • Bantuan: UI Developers pedoman
Konsistensi
  • Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi / situasi

    • Dalam hal-hal yang berbeda
interacting berinteraksi
output output
screen layout tata letak layar
  • Apakah ini selalu diharapkan bagi semua sistem, semua user?

Prinsip Fleksibilitas
  • Banyak cara bahwa sistem pengguna dan bertukar informasi

    • Dialog Initiative Dialog Initiative
    • Multithreading Multithreading
    • Task migratability Tugas migratability
    • Substitutivity Substitutivity
    • Customizability Customizability

Dialog Initiative
  • Tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan
User initiates actions Pengguna memprakarsai tindakan
Lebih fleksibel, umumnya lebih diinginkan
Sistem melakukan semua petunjuknya, pengguna merespon
Kadang-kadang diperlukan

Multithreading
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu
  • Dua jenis

    • Concurrent
Input ke beberapa tugas secara simultan

    • Interleaved
Banyak tugas, tapi masukan ke satu per satu

Tugas migratability
  • Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan lebih baik


    • kontrol keamanan di pabrik

    • Untuk jenis tugas apa yang harus pengguna memegang kendali?

Substitutivity
  • dalam rincian operasi

    • Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok
    • Biarkan cara yang berbeda untuk figure melakukan tindakan, tentukan data, konfigurasi

    • Biarkan berbagai cara untuk menyajikan output sesuai
      & Pengguna

Customizability
  • Kemampuan user untuk merubah interface

    • kemampuan beradaptasi
Apakah ini hal yang baik?


    • Oleh sistem - adaptivity
Apakah ini hal yang baik?

3. 3. Ketahanan Prinsip
  • Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian

    • Observability Observability
    • Recoverability Recoverability
    • Responsiveness Responsif
    • Task Conformance Task conformance


Observability
  • Pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan?

    • Browsability
Jelajahi saat ini (tanpa mengubahnya)

    • Reachability
Menavigasi melalui negara diamati

    • Kegigihan
Berapa lama negara diamati bertahan?

Recoverability
  • Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui kesalahan


    • Kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli
    • Maju pemulihan
Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan

    • Backward pemulihan Undo sebelumnya error (s)

Responsif
  • Persepsi pengguna laju komunikasi dengan sistem

    • Response time Response time
Waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk pengguna tindakan (s)

    • Persepsi pengguna tidak selalu benar
    • Konsistensi penting
    • expectations Respon OK jika pengguna sesuai harapan

Task conformance
  • Sistem tidak mendukung semua tugas-tugas pengguna ingin tampil di cara-cara yang diharapkan?

    • Tugas kelengkapan
Sistem dapat melakukan semua tugas-tugas yang menarik?

    • Tugas kecukupan
Pengguna dapat mengerti bagaimana melakukan tugas?

    • Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?
http://www.google.com/images/infowindow/iws_n.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iws_n.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iws_w.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iws_e.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iws_s.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iws_s.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iws_c.png
http://www.google.com/images/infowindow/iw_n.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iw_n.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iw_w.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iw_e.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iw_s0.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iw_s0.pnghttp://www.google.com/images/infowindow/iw_c.png

Tidak ada komentar: