Prinsip-prinsip
Desain UI
- Learnability
Dukungan untuk
pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
- Fleksibilitas
Dukungan untuk
beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas
- Kekasaran
Dukungan untuk
pemulihanSelalu berpikir tentang pengecualian, kesesuaian
Prinsip
Learnability
- Kemudahan pengguna baru dapat memulai interaksi efektif
dan mencapai kinerja maksimal
- Predictability
Prediktabilitas
- Synthesizability
Synthesizability
- Familiarity
Keakraban
- Generalizability
Generalisasi
- Consistency Konsistensi
Prediktabilitas
- Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan ....
- Dapat melihat tindakan sia-sia
- eg menus vs.
menu misalnya vs
command shell perintah shell - grayed menu items
item menu berwarna abu-abu
Synthesizability
- Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu sistem yang sekarang negara
- Memindahkan file di UNIX shell vs Mac/Windows Mac / Windows
- Umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?
Keakraban
- Apakah tugas UI mendayagunakan dunia nyata atau domain pengetahuan?
- Benar-benar relevan dengan kesan pertama
- Penggunaan metafora
- Perangkap
tersembunyi
- Apakah ada batasan pada keakraban?
Generalisasi
- Dapat pengetahuan dari satu sistem / UI diperluas serupa
lain?
- Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda
- Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari UI
berlaku untuk beristirahat dari UI?
- Bantuan: UI Developers pedoman
Konsistensi
- Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi
/ situasi
- Dalam hal-hal yang berbeda
interacting berinteraksi
output output
screen layout tata letak layar
- Apakah ini selalu diharapkan bagi semua sistem, semua
user?
Prinsip
Fleksibilitas
- Banyak cara bahwa sistem pengguna dan bertukar
informasi
- Dialog Initiative
Dialog Initiative
- Multithreading
Multithreading
- Task migratability
Tugas migratability
- Substitutivity
Substitutivity
- Customizability
Customizability
Dialog
Initiative
- Tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan
tentang bagaimana dialog dilakukan
User initiates
actions Pengguna
memprakarsai tindakan
Lebih
fleksibel, umumnya lebih diinginkan
Sistem
melakukan semua petunjuknya, pengguna merespon
Kadang-kadang
diperlukan
Multithreading
- Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu
tugas pada satu waktu
- Dua jenis
- Concurrent
Input ke
beberapa tugas secara simultan
- Interleaved
Banyak tugas,
tapi masukan ke satu per satu
Tugas
migratability
- Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas
(user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan lebih baik
- kontrol keamanan di pabrik
- Untuk jenis tugas apa yang harus pengguna memegang
kendali?
Substitutivity
- dalam rincian operasi
- Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi
yang cocok
- Biarkan cara yang berbeda untuk figure melakukan
tindakan, tentukan data, konfigurasi
- Biarkan berbagai cara untuk menyajikan output sesuai
& Pengguna
Customizability
- Kemampuan user untuk merubah interface
- kemampuan beradaptasi
Apakah ini hal
yang baik?
- Oleh sistem - adaptivity
Apakah ini hal
yang baik?
3. 3. Ketahanan
Prinsip
- Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian
- Observability
Observability
- Recoverability
Recoverability
- Responsiveness
Responsif
- Task Conformance
Task conformance
Observability
- Pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari
apa yang merasakan?
- Browsability
Jelajahi saat
ini (tanpa mengubahnya)
- Reachability
Menavigasi
melalui negara diamati
- Kegigihan
Berapa lama
negara diamati bertahan?
Recoverability
- Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui kesalahan
- Kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan
kesulitan tugas asli
- Maju pemulihan
Kemampuan
untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan
- Backward pemulihan
Undo sebelumnya error (s)
Responsif
- Persepsi pengguna laju komunikasi dengan sistem
- Response time
Response time
Waktu untuk
sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk pengguna tindakan (s)
- Persepsi pengguna tidak selalu benar
- Konsistensi penting
- expectations
Respon OK jika pengguna sesuai
harapan
Task
conformance
- Sistem tidak mendukung semua tugas-tugas pengguna ingin
tampil di cara-cara yang diharapkan?
- Tugas kelengkapan
Sistem dapat
melakukan semua tugas-tugas yang menarik?
- Tugas kecukupan
Pengguna dapat
mengerti bagaimana melakukan tugas?
- Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas
baru?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar